Al Hijaz Indowisata
Biro Perjalanan Wisata, Haji & Umrah

Hubungi Kami
Sentuh Nomor Untuk Hubungi Kami
Izin Umrah. No.722 Tahun 2017
Izin Haji. PHU/HK.3245/IV/2015

Apa Perbedaan Haji Dan Umroh ? Jelaskan Singkat + Tabel ✅

Apa Perbedaan Haji dan Umroh ? Jelaskan Secara Singkat, Ada Tabel Perbedaannya untuk memudahkan pemahaman, Perbedaan rukun dan dalil diantara keduanya. Penjelasan rincian lengkap dari jawaban yang ada di Brainly sebagai tambahan referensi untuk Anda.

Gambar Tabel Perbedaan Haji dan Umroh

perbedaan-haji-dan-umroh-tabel


Penjelasan Dan Keterangan Dari Tabel Perbedaan Haji Dan Umroh

  1. Perbedaan pertama adalah waktu pelaksanaannya, yakni jikalah haji itu hanya pada tnggal 8 - 12Dzulhijjah maka umroh bisa dilaksankan kapanpun jamaah menginginkannya tidak adabatasan waktu tertentu. Faktor ini juga yang menyebabkan umroh lebih banyak diminati karena pelaksanaan ibadah haji itu selain lama masa menunggunya juga waktunya tidak bebas.
  2. Perbedaan kedua adalah niat, tentnu saja niat harus berbeda antara haji dan umroh, jika seseorang mau haji yah berniat haji jika seseorang mau umroh yah niat umroh, karena niat menentukan apa yang akan dilakukan, jika salah dalam niat maka tidaksah ibadah haji atau umrohnya.
  3. Perbedaan ketiga adalah rukun, rukun haji dan umrah itu berbeda namun hanya sedikit perbedaannya yakni jika umroh itu hanya ihram tawaf sai tahalul dan tertib, maka haji ada wukuf di Arafah.
  4. Perbedaan keempat adalah hukum, sudah maklum oleh kita semua hukum haji itu adlah wajib dan trmasuk kedalam rukun Islam yang ke5, akan tetapi wajib haji ini hanya untuk orang orang yang sanggup dan mampu menjalankannya, kebanyakan dari segi keuangan, karena membutuhkan ongkosnaikhaji yang besar bisa sampai 35 jutaan untuk haji reguler. Sedangkan umroh hukummnya Sunnah Muakad sunnah yang sangat dianjurkan, umroh menjadi alternatif terbaik bagi yang ingin segera ke tanah suci untuk beribadah disana.
  5. Perbedaan kelima adalah lokasi peribadahan, umroh itu tidak dilakukan dimana mana hanya 2 tempat yakni tempat miqot dan masjidil haram saja. Sedangkan haji itu ada tambahan yakni Arafah Mujdalifah dan Minna.
  6. Perbedaan keenam adalah durasi lama waktu pengerjaan, lama pengerajaan haji bisa sampai 4 hingga 5 hari, sendankan umroh hanya sebentar hanya 2-3 jam saj a untuk peklaksanaannya.
  7. Perbedaan ketujuh adalah biaya, biaya haji lebih tinggi dibanfingkan dengan umrah. Dari yang termurah haji itu biayanya 35 juta yang reguler dan umroh biaya termurah adalah 25 jutaan, terpaut 10 jutaan antara biaya umroh dan haji.
  8. Perbeedan kedelapan adalah waktu tunggu, karena haji ini waktunya tidak sembarang maka ada antrian bagi orang yang ingi n melaksanakannya, di Indonesia sendiri list tunggu haji ini bisa mencapai puluhan tahun, jika ingin melakukan percepatan waktu menuggu jamaah bisa mengambil paket haji plus. Sedangkan umroh tidak ada waktu tunggu atau antriannya.
  9. Perbedaan kesembilan adalah kuota, kuota haji khususnya di Indonesia mencapai 200.000 orang pertahun keberangkatan haji, kuota ini sudah termasuk yang ambil haji reguler juga haji plus. Sedangkan utnuk umroh tidak ada batasan kuota, dan menurut survei bahwa Indoenesia dalam satu musim umroh itu ada 1 juta lebih orang yang berangkat umroh setiap tahunnya.

Itulah 9 perbedaan haji dan umroh yang perlu Anda ketahui, semoga bisa menjadi wawasan dan tambahan referensi bagi Anda yang sedang mencari Perbedaan Haji dan Umroh.

Baca Juga : Tata Cara Umroh

Pengertian Haji Dan Umroh


Pengertian Haji

  • Haji ditinjau dengan secara lughawi, adalah haji itu bermakna sengaja atau sengaja menuju ke arah sesuatu atau sengaja berkunjung ke sebuah tempat.
  • Menurut istilah etimologi bahasa Arab, kata hajj memiliki makna qashd, yaitu arah, tujuan, serta sengaja. Menurut arti syari', haji adalah perjalanan ke arah Baitullah serta ke beberapa tempat yang khusus dan spesifik untuk melakukan amalan-amalan beribadah yang khusus dan spesifik juga. 
  • Yang disebut denganbeberapa tempat khusus dan spesifik dalam pengertian di atas, selain bangunanKa'bah dan Mataf (tempat tawaf) juga Mas'a(tempat sa'i) adalah Arafah_Muzdalifah_serta Mina. Yang disebut dengan waktu'khusus dan spesifik adalah bulan2 haji yang diawali pada bulanSyawal sampai sepuluh hari awal bulan_Zulhijah. 
  • Adapun yang berkenaan dengan amal beribadah yang khusus dan spesifik adalah melaksanakan thawaf-sa'i-wukuf-mabbit di Muzdalifah, melontar-jumrah, mabit-di Mina, dan sebagainya.

Pengertian Umroh

  • Umrah yaitu satu diantara perbagai beribadahan dalam agama Islam. Umroh inihampir serupa dengan beribadah hajji, beribadah umroh ini ditunaikan dengan mengerjakan beberapa rituals kegiatan di kota suci Mekkah, terutama di Masjidil Haram.
  • Di artian secara tekhnis syari'ah, Umrah bermaknanya yaitu berihram di miqot kemudian_menjalankan tawaf di mengililingi Ka'bah kemudian menajalankan sa'i 7 kali di antara Shofa serta Marwah. Umroh ini jugaKerap dikatakan sebagai haji-kecil.
  • Ketidaksamaan atau perbedaan umrah dengan haji ada beberapa yang mendasarinya, dinataranya adalah waktu dan tempat. Kalau Umrah ini bisa ditunaikan kapan saja (tiap-tiap hari, tiap-tiap bulan, tiap-tiap tahun). Sedang menunaaikan haji cuma bisa dilakukan dan ditunaikan di waktu tertentuu,
  • yaitudi antara tanggal 8 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah dan ditunaikan dilaksakannya tidak hanya di masjidil haram seperti umroh, haji ini tempatnya hingga sampai ke luar kota Mekkah yakni di Arafah Mina.

Akhir kata itulah pembahasan mengenai Apa Perbedaan Haji dan Umroh ? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan referensi kita untuk mengtahui apa saja perbedaannya diantara keduanya.

FaktorHajiUmroh
Waktu : 08 - 12 DzulhijjahKapan Saja Selama Musim Umroh
Niat : Niat HajiNiat Umroh
Rukun : Ihram, Wukuf, Tawaf, Sai, Tahalul, TertibIhram, Tawaf, Sai, Tahalul, Tertib
Hukum : Wajib Bagi Yang MampuSunnah Muakkadah
Lokasi : Masjidil Haram, Arafah, Muzdalifah, Minah Masjidil Haram
Durasi : 04 - 05 Hari2 - 3 Jam
Biaya : Haji Reguler 35 Jutaan
Haji+ Kuota Depag 170 Jutaan
Haji+ Furoda 200 - 250 Jutaan
Umroh 20 - 35 Jutaan
Masa Tunggu : Haji Reguler Puluhan Tahun
Haji+ Kuota Kemenag 5 - 8 Tahun
Haji+ Furoda 1 Tahun
Tidak Ada
Kuota : -+ 200.000 Orang / TahunTidak Ada

Bagi Anda yang sedang mencari info Haji Reguler ataupun Haji Plus silahkan konsultasi ke nomor yang ada pada website, dengan senang hati kami akan memberikan info yang Anda butuhkan. Terimakasih. 

Subscribe to receive free email updates:

1
2