Al Hijaz Indowisata
Biro Perjalanan Wisata, Haji & Umrah

Hubungi Kami
Sentuh Nomor Untuk Hubungi Kami
Izin Umrah. D/591 Tahun 2014
Izin Haji. PHU/HK.3245/IV/2012

Kenaikan Biaya Visa Umroh 2016 Sebanyak SR 2000 !

Kenaikan Biaya Visa Umroh 2016 Sebanyak SR 2000 !

Visa Umroh Naik, Jamaah Tak Usah Panik


Visa Umroh Naik, Otoritas Saudi Arabia yang memutuskan untuk memberlakukan sejumlah keputusan yang baru. Salah satunya adalah membahas soal biaya visa masuk ke wilayah Saudi sendiri, untuk warga asing baik termasuk jemaah haji dan umroh yang masuk ke sana.

Seperti yang telah dilansir oleh media lokal, Arab News, pada hari Selasa (9/8/2016), keputusan ini diambil atas rekomndasi Kementerian Keuangan dan Kementerian Ekonomi dan Perencanaan Saudi, di tengah-tengah meningkatnya pegghasilan non-minyak. Keputusan ini diambil berdasar dalam rapat kabinet yang dipimpin oleh Wakil Pelindung Dua Masjid Suci (Haramain), Pangeran Mohammed bin Naif, di Istana Al-Salam, kota Jeddah.

1. One-Time Entry Visa


Berdasarkan keputusan yang baru ini, biaya visa sekali masuk atau one-time entry visa yang diberlakukan untuk umum (bukan untuk naik hajj atau melaksanakan umrah) ditetapkan sebesar SR.2000 atau skitar Rp 6,9 juta. Namun bagi para jamaah yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji ataupun umroh, biaya tersebut diatas akan ditanggung oleh otoritas Saudi jadi tidak dipungut biaya 2 ribu riyal tersebut.

2. Multiple Entry Visa


Sedangkan untuk biaya visa multiple entry, seperti dibawah ini :

  1. Biaya visa untuk beberapa kali perjalanan, ditetapkan SR.3000 (Rp 10 juta) yang berlaku selama 6 bulan. 
  2. Biaya lebih tinggi berlaku untuk masa berlaku lebih lama, yakni SR.5000 (Rp 17,4 juta) yang berlaku selama 1 tahun 
  3. Biaya lebih tinggi lagi sebesar SR.8000 (Rp 27,9 juta) yang berlaku selama 2 tahun. 

3. Visa Transit


Sementara itu, untuk biaya visa transit ditetapkan sebesar SR.300 atau sekitar Rp 1 juta. Kemudian biaya visa keberangkatan untuk mereka yang meninggalkan Arab Saudi via kapal laut, ditetapkan sebesar 50 riyal (Rp 174 ribu).

4. Exit/Re-Entry Visa


Kemudian untuk biaya visa keluar atau disebut dengan exit/re-entry visa bagi mereka yang akan keluar dari wilayah Saudi, ditetapkan biayanya sebesar SR.200 (Rp 699 ribu) berlaku untuk single trip (satu kali kunjungan) dengan masa berlakunya maksimum selama 2 bulan. Dan diiberlakukan biaya tambahan sebesar SR.100 (Rp 349 ribu) untuk tambahan masa aktif berlaku visa per bulannya.

Sedangkan untuk visa keluar multiple trips (lebih dari satu kali kunjungan), ditetapkan sebesar SR.500 (Rp 1,7 juta) dengan masa berlakunya maksimum selama 3 bulan. Biaya tambahan untuk per bulannya ditetapkan sebanyak SR.200 (Rp 699 ribu). Di Saudi sendiri, selain visa untuk masuk, setiap dari warga asing juga membutuhkan visa keluar atau disebut dengan exit/re-entry visa untuk bisa keluar dari negara Saudi tersebut.

Dekrit kerajaan telah dipersiapkan untuk keputusan baru ini. Keputusan ini sudah mulai diberlakukan pada tanggal 1 Muharam 1438 H, yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2016 ini.

Sumber : http://news.detik.com/

Demikianlah info terbaru mengenai kenaikan biaya visa umroh tahun 2016 ini yang dapat kami sajikan kepada semua jamaah maupun calon jamaah umroh, silakan share untuk memberitahukan kepada jamaah lainnya agar mengetahui mengenai berita kenaikan visa tersebut. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: