Al Hijaz Indowisata
Biro Perjalanan Wisata, Haji & Umrah

Hubungi Kami
Sentuh Nomor Untuk Hubungi Kami
Izin Umrah. No.722 Tahun 2017
Izin Haji. PHU/HK.3245/IV/2015

Peradaban Manusia Pertama, Sebelumnya Kita Bukan Penghuni Bumi !

Planet Bumi, tempat manusia tinggal.

Sejarah Peradaban Manusia Di Planet Bumi


Manusia Pertama, Allah Menciptakan Adam


Allah subahaanahu wa ta'aala hendak menciptakan manusia yang akan dijadikan khalifah di planet yang sekarang kita tinggali yaitu bumi. Allah subahaanahu wa ta'aala berfirman :
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”.
Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (QS. [2] Al-Baqarah : 30)
Allah subahaanahu wa ta'aala mengajarkan Nabi Adam 'alaihissalam seluruh nama-nama benda, yang malaikat pun tidak mengetahuinya.
Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!” (QS. [2] Al-Baqarah : 31)

Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. [2] Al-Baqarah : 32)
Allah subahaanahu wa ta'aala menegaskan bahwa Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu.
Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?” (QS. [2] Al-Baqarah : 33)
Dimulainya permusuhan antara manusia dengan iblis. Iblis merasa dirinya lebih hebat daripada manusia, dan iblis tidak mau mentaati perintah Allah subhaanahu wa ta'aala.
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS. [2] Al-Baqarah : 34)
Peradaban Manusia, Sebelumnya Kita Bukan Penghuni Bumi
Jama'ah Haji melempar Jumroh (pada tugu obelisk)
sebagai simbol permusuhan manusia dengan iblis.

Perintah Allah kepada Nabi Adam 'alaihissalam untuk tinggal di surga yang telah disediakan.
Dan Kami berfirman: “Hai Adam diamilah oleh kamu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang lalim. (QS. [2] Al-Baqarah : 35)
Turunnya Nabi Adam 'alaihissalam bersama istri dari surga ke planet bumi.
Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”. (QS. [2] Al-Baqarah : 36)

Peradaban manusia pertama di dunia
Tanah

Nabi Adam 'alaihissalam bertaubat karena telah melakukan apa yang telah dilarang Allah subhaanahu wa ta'ala.
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. (QS. [2] Al-Baqarah : 37)
Allah memberikan bimbingan kepada Nabi Adam 'alaihissalam, bagaiamana caranya hidup di planet bumi.
Kami berfirman: “Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (QS. [2] Al-Baqarah : 38)
Itulah kisah yang diceritakan dalam Al-Quran tentang sejarah peradaban manusia, dari semenjak diciptakan sampai kita sekarang ini sebagai anak keturunan dari Nabi Adam 'alaihissalaam.

Semoga kita semua menjadi generasi terbaik, dan menjadi insan unggul yang selalu mendapat ridho dan ampunan Allah subhaanahu wa ta'aala. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.



Anda bisa menyaksikan video dibawah ini untuk bisa memberikan gambaran kepada Anda, tentang sejarah peradaban manusia dari sejak zaman Nabi Adam 'alaihissalam sampai sekarang.


Part 1

Part 2

Subscribe to receive free email updates: