Al Hijaz Indowisata
Biro Perjalanan Wisata, Haji & Umrah

Hubungi Kami
Sentuh Nomor Untuk Hubungi Kami
Izin Umrah. D/591 Tahun 2014
Izin Haji. PHU/HK.3245/IV/2012

Amalan Sunnah Hari Jum'at, Siapa Cepat Dia Dapat !

amalan-sunnah-hari-jum'at
Amalan sunah hari jumat yang penuh berkah

Hari Jumat


Jumat adalah hari keenam dalam sepekan, jika kita menghitungnya dari hari Ahad (Minggu) yang berarti satu dalam bahasa Arab.

Coba kita perhatikan ! Al-Ahad (1), Al-Itsnain (2), Al-Tsulatsa (3), Al-Arbi'a (4), Al-Khomiis (5), Al-Jum'ah (6), Al-Sabt (7).

Hari Jumat memiliki kedudukan yang sangat mulia dalam syariat Islam dan mempunyai keistimewaan yang tidak ada pada hari-hari yang lain. Berikut beberapa keistimewaan hari Jum’at dalam hadits.
"Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: 'Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya'." (HR. Muslim)
Keistimewaan hari Jumat selain yang disebutkan Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, juga menjadi salah satu nama surat dalam Al-Quran yaitu surat Al-Jumu'ah yang merupakan surat ke 62 dalam Al-Quran.

Himbauan Allah Pada Manusia Di Hari Jumat


"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Jumu’ah: 9)

perintah-melaksanakan-shalat-jumat
Amalan sunnah hari Jumat - Meninggalkan jual beli untuk bersegera melaksanakan sholat Jum'at.

Ketika waktu shalat Jumat tiba, hentikanlah sejenak waktu kita, baik itu jual beli dalam perniagaan, jual beli dalam percakapan, ataupun jual beli dalam pemikiran (seperti yang Anda lakukan dalam social media).

Laksanakanlah shalat Jumat berjamaah di mesjid dengan bersegera, karena limpahan berkah dan pahala untuk bekal di akhirat nanti telah menunggu kita.

Amalan Sunnah Hari Jumat


Hari Jumat adalah hari yang mulia, dan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia memuliakannya. Keutamaan yang besar tersebut menuntut kita sebagai seorang muslim untuk mempelajari petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat radliyallahu 'anhum, bagaimana seharusnya msenyambut hari tersebut, dengan mempersiapkan diri agar amal kita lebih maksimal dan mendapatkan keridlaan Allah subhaanahu wa ta'ala.

Berikut ini beberapa amalan sunnah hari Jumat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam contohkan. Mari kita simak.

1. Memperbanyak Shalawat 

"Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 'Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari Jumat karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jumat, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku'." (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)
Banyak sekali shalawat yang sering kita dengar dan mungkin telah banyak dihapal bahkan oleh anak-anak kecil sekalipun. salah satu contohnya adalah lafadz shalawat yang sering dibaca dalam tahiyat akhir dalam shalat :

amalan-sunnah-hari-jum'at
Amalan sunnah hari Jumat - Shalawat Ibrahimyah

amalan-sunnah-hari-jumaat
Amalan sunnah hari Jumat - shalawat kepada Nabi Muhammad sallallahu 'alaihi wa sallam beserta keluarganya.

2. Membaca Surat Al-Kahfi 

"Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 'Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan diberikan cahaya baginya diantara dua Jumat'." (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)
amalan-sunnah-hari-jumat
Amalan sunnah hari Jumat - Al-Quran Surat ke 18 Al-Kahfi.

Membaca Al-Quran merupakan amal ibadah yang sangat tinggi nilainya. Karena Al-Quran merupakan salah satu sarana komunikasi manusia dengan Allah subahaanahu wa ta'ala.

Oleh karena itu jika seseorang memperbanyak membaca Al-Quran maka itu baik untuknya, termasuk membaca surat Al-Kahfi, baik di malam Jumat ataupun malam-malam lainnya.

3. Memperbanyak Do'a

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jumat lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu." (HR. Bukhari Muslim)
memperbanyak-doa-di-hari-jumat
Amalan sunnah hari Jumat - Berdo'a

Berdo'a memiliki arti permohonan seorang hamba kepada Allah subhaanahu wa ta'ala tentang segala keluh kesah dan kebutuhannya, dia memohon apa saja yang bermanfaat, seperti datangnya kebaikan dan kemaslahatan atau tercegahnya keburukan dan kemudharatan baik di dunia ataupun akhirat nanti.

Pada hari Jumat yang mulia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan anjuran kepada kita semua, bahwa pada hari Jumat terdapat waktu yang mustajab, yang mana pada waktu itu do'a lebih cepat terkabul. (Baca juga artikel mengenai Waktu-Waktu Terkabulnya Do'a )

4. Amalan-Amalan Sunnah Hari Jumat

"Dari Abu hurairoh berkata: Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 'Pada hari jum’at disetiap pintu mesjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir sholat Jum’at sesuai dengan kualitas kedudukannya, Apabila imam datang/ naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu meraka bersiap-siap mendengarkan khutbah, perumpamaan orang yang datang lebih awal seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi, dan orang datang berikutnya seperti orang yang berqurban kambing, dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedeqah ayam, dan orang yang datang berikutnya (kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur'." (H.R Bukhori no:929 Muslim no:850)

melaksankan-shalat-jumat
Amalan sunnah hari Jumat - Berwudhu


Hadits diatas menganjurkan bagi laki-laki yang sudah baligh dan memenuhi syarat melaksanakan shalat Jum'at untuk bersegera pergi ke mesjid, karena pahala yang diberikan semakin awal semakin besar. Ini juga bisa dilakukan oleh kaum perempuan hanya saja tidak perlu ke mesjid, karena perempuan tidak diwajibkan untuk melaksanakan shalat Jum'at berjama'ah di mesjid.

Sebelum pergi ke mesjid hendaklah :
  • Mandi terlebih dahulu
  • Bersiwak / sikat gigi
  • Memakai wangi-wangian
  • Memotong kuku
  • Mengenakan pakaian yang bagus dan suci
  • Memperbanyak membaca shalawat dan berdo'a

Semoga kita mampu mengoptimalkan setiap hari Jumat yang kita lewati dengan penuh semangat untuk menggapai ridlo Allah subahaanahu wa ta'ala, dan kita bisa melaksanakan setiap amalan sunnah yang telah Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam contohkan. Aamiin Yaa Allah Yaa Rabbal 'Aalamiin.

Subscribe to receive free email updates: